Blusukan ke Kubu, plt bupati Rohil Jamiludin panen padi dan serahkan bantuan kepada kelompok tani

KUBU, TINTANEWS.com – Plt bupati Rokan Hilir (Rohil) Drs H.Jamiludin berkesempatan blusukan ke wilayah kecamatan Kubu, Selasa (13/03/2018). Tepatnya di Desa Teluk Piyai, Dia disambut masyarakat setempat. Tampak pada rombongan plt bupati Rohil , Dandim 0321 Letkol inf Didik Efendi SIP , Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto.SIK Dinas Pertanian Provinsi Riau yang diwakili kabid pertanian Ir Gusriani dan kepala Dinas Pertanian Rohil H.Muhammad Isa, camat Kubu Asrul S.Sos, camat kubu babusalam H.Ahmad Atin,dantamil 04/kubu kapten inf Alfarizi, Kapolsek kubu AKP Sofyan, Hadir saat itu juga Gapoktan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, Para tomas,toga dan toda anggota kelompok tani Pelita dan lapisan masyarakat lebih kurang 350 orang.

 

Plt bupati Rokan Hilir (Rohil) Jamiludin melakukan Peresmian kilang padi dan panen padi. Peresmian kilang padi ditandai dengan melakukan pemotongan pita.  Selanjutnya pelaksana tugas orang nomor satu di pemerintahan Rohil ini meninjau serapan gabah oleh bulog dan kegiatan blusukan lainnya.

 

Mengawali blusukannya di Kubu ini, plt bupati Rohil Jamiludin meninjau sekaligus dinobatkan memberikan tetes polio kepada balita. Kegiatan ini ditaja oleh Dinas kesehatan Rokan Hilir.

 

Selanjutnya plt Bupati Rohil dan rombongan langsung melakukan panen raya padi di Teluk Piyai. Plt Bupati Rohil Jamiludin, Dandim 0321 Letkol inf Didik Efendi dan Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto secara resmi melakukan panen raya padi. Kemudian padi dirontokkan dengan menggunakan mesin yang sudah canggih yakni mesin perontok padi merk Tanikaya. Combine havester/mehatron ht 88.

 

Tidak hanya ikut merontokkan padi di kilang padi, plt bupati Rohil dan rombongan juga langsung meninjau lahan lokasi tanggul untuk waduk air.  Tanggul untuk waduk sebagai irigasi air yang menguntungan buat masyarakat petani. Karena tanggul berguna untuk mengatur debit air yang akan mengaliri lahan persawahan petani di Kubu.

 

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Rohil Jamiludin memaparkan beberapa rangkaian program pembangunan Kabupaten Rokan Hilir yang akan diterima masyarakat kecamatan Kubu di tahun 2018 ini, diantaranya pembangunan jalan di Teluk Piyai.

 

Plt Bupati Rohil Jamiludin mengucapkan sukur dan berterimakasih kepada masyarakat dan gapoktan yang sudah mengangkat nama Kecamatan Kubu, Desa Teluk Piyai sehingga kedepan diharapkan menjadi lebih baik lagi.

 

“Kita masih memiliki lahan yang cukup luas. Mesin penggilingan padi ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat, salah satunya saat panen.  Juga saat hendak menggiling padi yang sudah kering. Oleh sebab itu,  tolong sama-sama dijaga dan merawat barang yang ada saat ini,”pungkasnya.

 

Selanjutnya, plt bupati Rohil melakukan tanya jawab dan sambung rasa. Kemudian mengakhiri blusukan dengan menyerahkan sejumlah bantuan peralatan pertanian. Bantuan tersebut berupa 1 unit mesin pompa air serta 7 hen spayer dari pemrov Riau kepada kelompok tani.

 

 

(NdyNdy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *