Bupati Teken MoU Bersama Bank Riau Kepri Tentang Jasa Layanan Perbankan

oleh

ROKAN HILIR – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tanda tangani MoU jasa layanan perbankan dengan PT Bank Riau Kepri. Penandatanganan MoU langsung dilakukan Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Dirut BRK Andi Buchori, Jumat (3/9/2021).

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati tersebut juga disaksikan Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, ketua PKK Ny Sanimar, Direktur dana dan jasa M A Suharto serta dihadiri Sekda Rohil HM Job Kurniawan, Asisten l Fery H Parya, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, serta beberapa unsur lainnya.

Dirut BRK Andi Buchori dalam sambutannya mengatakan bahwa, layanan jasa Perbankan ini merupakan bentuk dukungan BRK untuk meningkatkan Pendapatan Daerah sekaligus memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak Daerah kapan saja dan dimana saja.

BRK lanjutnya, saat ini sudah masuk dalam layanan perbankan digital, dimana layanan pembayaran pajak daerah Kabupaten/Kota, antara lain pajak bumi dan bangunan, pajak Hotel dan Restoran, pajak reklame, pajak penerangan jalan maupun lainnya bisa dilakukan baik melalui E-Channel BRK sendiri yaitu di Jaringan ATM, EDC, dan Mobile Banking BRK maupun secara aliansi dengan pelaku E-Commerce.

Selain itu katanya, BRK juga telah dan terus melaksanakan pengembangan sistim pengelolaan transaksi keuangan berupa Cash Management System (CMS) yang berkerjasama dengan Instansi Pemerintah Daerah dan Non Pemerintah Daerah dalam pengelolaan transaksi keuangan.

Dimana sebutnya, produk CMS BRK ini sudah diterapkan di 19 Kabupaten-Kota di 2 Provinsi, Riau dan Kepri.

Dalam rangka mendukung program Elektronifikasi Transaksi Pemerintahan daerah (ETP) lanjutnya, BRK sedang dalam proses pengembangan kerjasama integrasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) sehingga pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi pemerintahan daerah lainnya dapat dilakukan secara Cashless sehingga menjadi lebih efektif, lebih efisien, dan lebih akuntabel.

Beberapa hari yang lalu yakni tepatnya pada tanggal 31 Agustus 2021, BRK sudah meluncurkan beberapa layanan yang sangat krusial bagi percepatan Digitalisasi di Daerah.

Dalam kesempatan itu, Andi Buchori juga menyampaikan bahwa untuk pencapaian kinerja BRK per 30 Juni 2021 yakni, untuk aset sebesar Rp 30,07 triliun dengan laba Rp 261,9 miliar.

“Tentunya kami memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemda Rohil yang telah memberikan dukungan dengan penandatanganan MoU,” katanya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada BRK atas penandatanganan MoU yang telah dilaksanakan.

Bupati mengatakan, keberadaan BRK di Kabupaten Rohil sangat membantu Pemerintah Daerah. Apalagi sebutnya, dengan kondisi keuangan yang minim saat ini.

“MoU ini sangat luar biasa dan BRK sangat membantu Pemda, apalagi dalam kondisi keuangan yang terus menurun saat ini, dengan CSR yang terus disalurkan,” cakapnya.

Bupati mengajak agar BRK semakin memperluas kerjasama baik ke perusahaan-perusahaan, perkebunan maupun para pengusaha yang ada di Kabupaten Rohil dan bersaing dengan bank lainnya.

“Bagaimana ke depan, Bank Riau Kepri semakin diminati, bagaimana perusahaan yang ada di Rohil bisa ditarik dan masuk BRK dan tidak di bank lain sehingga CSR bisa semakin besar. Pemda juga akan membantu bagaimana perusahaan dan perkebunan bisa menggunakan BRK,” katanya.

Afrizal Sintong juga mengatakan bahwa, Pemda akan senantiasa memberikan dukungan dan memperkuat kerjasama yang telah terjalin selama ini. (Adv. Pemkab Rohil)